Ruang Diskusi

Penyebab utamanya rusaknya dunia yaitu sabda(perkataan) dan pakarti(perilaku) manusia yang buruk karena dijajah oleh getaran yang kurang sempurna (“getaran-getaran kurang sempurna yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan binatang”), getaran-getaran ini mempengaruhi tata hidup, perkataan serta perilaku. Yang disebutkan di buku dasa warsa “sifat yang jelek antara lain ialah sifat malas, serakah, iri hati, suka mencela dan sebagainya, semua sifat tersebut mengotori kepala kita dan bahkan menunjukan kekurangan diri”.

Mulai dari Seorang yang kepalanya dipenuhi getaran-getaran kurang baik kemudian menjadi beberapa orang .Dan kemudian menjadi banyak orang yang membentuk suatu kesatuan atau suatu sistem berjaringan yang sengaja maupun tidak sengaja mempengaruhi kondisi menjadi buruk di alam lingkungan sekitar.

  1. Wong.bejat.pusing
    21 Mei 2011 pukul 16:21

    Matur nuwun atas smua yg telah d berikan mugi2 HYANG MOHO KUOSO slalu memberikan sinar2 NYA SALAM WARAS

  2. Eyang Sabdo pningal
    9 Juni 2011 pukul 21:18

    Maturnuwun sampun di paringi wedal kagem (jarene kapureh Kritik Saran DSB yang membangun.).
    Begini Ngger aku pingin sedikit memberi kan komentar dan kritikan yang Isya’Allah membangun.:
    1. Banyak sekali kelompok-kelompok pemuda-pemudi yang mencoba seperti yang panjenengan sedoyo rintis dan akhirnya kandas karena kepentingan segelintir orang saja.Salah satunya dewngan adanya seorang atau beberapa pengurus yang ikut dunia politik meski hal ini tidak langsung mengaitkan oraganisasi namun hal ini akan pelan-pelan menyeret organisasi dalam kancah politik.
    SOLUSI : Keluarkan atau akhiri masa tugas dari pengurus yang ketahuan bermain politik, baik itu sebagai pengurus partai ataupun CALEG.

    2. Agaknya menurutku alangkah baiknya nama (Kalau Bisa) ya jangan menggunakan nama itu. ALASANNYA :
    1. Nama tersebut menyamai dengan Nama Perhuruan Aliran Kebatinan SAPTA DARMA. EFEKnya orang begitu melihat nama itu, lalu berorientasi pada aliran kepercayaan.
    2. Kalau di hubungkan dengan Mistis, maka aliran lain yang mungkin punya masalah dengan aliran tersebut menyerang anggota organisasi ini dengan kata lain SALAH SASARAN.
    3. Nama Aliran Kebatinan SAPTA DARMA sudah di paten kan di Lembaga Pengawas Aliran Kepercayaan Indonesia jangan sampai terjadi konfl;ik hanya karena nama di anggap Menjiplak.

    3. Jangan pernah mencoba ikut campur dalam masalah SARA karena hal tersebut akan menumbuhkan konflik dalam organisasi panjenengan sedoyo.

    saya kira hanya itu saja yang perlu saya sampaikan semoga tidak menjadikan suatu ketersinggungan melainkan itu hanyal;ah saran, nasehat dan kritikan yang membangun.

    • Joker
      16 Mei 2012 pukul 13:03

      maaf saya bingung, apakah berbeda Kerokhanian Sapta Darma dalam blog ini dengan Sapta Darma yang Eyang Sabda maksud? karena menurut saya sama. jadi kalau merujuk ke hal yang sama, saya kira sudah pas dengan Remaja KSD. Rahayu…

  3. stab
    20 Juni 2011 pukul 19:31

    Saya senang adanya blog ini, kalau gak salah blog ini ditujukan untuk warga KSD di seluruh Indonesia bahkan dunia, bisa gak kalau materi ajaran KSD misalnya kalau sujud penggalian yang 12 hari, yaa intinya agar dapat menuntun untuk menghadap Hyang Widhi, Saya berada di Bali haus sekalu tentang ajaran ini, pingin mendalami, saya pernah ikut penggalian baru satu kali, tapi sudah bisa merasakan manfaatnya, utamanya pada saat PISAING GEMBUNG LAN SIRAH, begitu pasrahnya kepada Hyang Widi dan dan merasakan Dekat dengan Hyang Widi,

  4. 8 Agustus 2011 pukul 23:36

    waras sedoyo kemawon, pengestunipun……

  5. 24 November 2011 pukul 16:55

    apakah orang yg sudah beragama boleh mengkuti sapta darma?

    • 25 November 2011 pukul 15:58

      boleh mas, tetapi untuk resikonya merupakan tanggung sendiri/interen, karena ditakutkan ada pihak yang merasa punya agama tersebut akan marah…waras

  6. 17 April 2013 pukul 09:58

    Thankfulness to my father who stated to me concerning this website, this blog
    is in fact remarkable.

  7. nurcipta
    22 Januari 2014 pukul 11:09

    saya simpatisan sapta darma di cirebon.hp. ku. no.083824085525. sya udah lama bergabung/mempelajarinya. sejak thn 1986. sya merasa tdk berguna pya kemampuan dari sapta darma.karena para penuntun ku sudah pada meninggal. sekg sya merasa kesepian. tdk bsa salurkan /amalkan ilmu saya. mksih

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: