Beranda > Serba-serbi > ELING LAN WASPADA

ELING LAN WASPADA

a6
Apakah anda seorang PELUPA? sering lupa atau sengaja melupakan sesuatu yang menyakiti hati? (contohnya putus cinta, dicampakan pacar, cinta segitiga, diselingkuhi, dll). Ataukah anda sering lupa menaruh barang-barang yg kecil, seperti kunci, kaca mata, dompet bahkan uang sekalipun? ataukah anda susah mengingat kejadian 1 jam lalu, 2 jam lalu, 5 jam lalu atau 1 hari, 2 hari lalu dan seterusnya, pokoknya yang lalu? kalau anda tergolong seorang pelupa , mungkin anda cocok untuk membaca artikel yang singkat ini.

Amenangi jaman edan ewuh aya ing pambudi
melu edan ora tahan
yen tan melu anglakoni boya kaduman melik
kaliren wekasanipun
Dillalah karsaning Allah
Sakbeja-bejane wong kang lali
luwih beja kang eling lan waspada.
(Sinom, serat kalatida, Ronggo Warsito)

Pelupa bahasa jawanya LALEN, memang sih orang yang lupa itu bejo, tp pujangga terkenal Ronggo Warsito mengingatkan “sak bejo-bejone wong kang lali luwih bejo kang eling lan waspada”. saat sang pujangga menuliskan itu, saat itu jamannya lagi edan, mungkin dikatakan jaman edan karena saat itu banyak orang yang edan, dan kenapa orang bisa menjadi edan karena banyak orang yang lupa/pelupa/lali. Pertanyaannya, Apakah sekarang ini jamannya masih jaman EDAN? agak EDAN atau lebih EDAN? dijawab dalam batin masing-masing kemawon ya.

Lupa itu bisa dikatakan penyakit, namanya penyakit lupa, dan mengapa seseorang bisa menjadi pelupa? kalau saudara googling penyebab lupa antara lain: Kadar gula darah tinggi, sering mengalami depresi, kecapekan/ metabolisme menurun atau kecapekan, kurang tidur, penuaan lanjut, terlalu banyak kosumsi narkoba, obat-obatan, nikotin, alkohol, dll.

Orang yang pelupa juga dikarenakan ada sesuatu hal besar yang menjadi beban dalam pikirannya. Terkadang bisa menjadikan seseorang tidak waspada dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Maksudnya tidak waspada yaitu tidak kosentrasi dalam melakukan sesuatu, suatu contoh kita jalan kaki bisa kesandung, bersepeda bisa jatuh sendiri, dll. Memang besar akibatnya bagi sipelupa sendiri dan juga orang yang disekitarnya, maka dari itu mari kita mencoba membedah solusi atau mengasi tips bagi pelupaisme supaya dapat kembali eling dan waspada.

SOLUSINYA, bagi warga sapta darma penyakit lupa itu mudah disembuhkan caranya yaitu “perbanyak mengolah rohani”. Wejangan Sri Gutomo: “Galilah rasa yang menyeliimuti tubuhmu (kepribadianmu yang asli)”, semakin banyak mengali rasa maka semakin banyak pula mengerti tentang apa saja yang ada tubuh ini. Putaran rasa/getaran dalam otak dalam kekanan keatas dibarengi dengan luar kekiri kebawah atau sebaliknya apabila diikuti dengan cermat akan mengembalikan memorial/ingatan apa saja yang pernah dilakukan dan itu sangat urut hingga apabila bisa tersambung terus-menerus memorial/ingatan leluhur kita yang sudah tiadapun bisa muncul. Semakin ditarik kebelakang lagi akan semakin tahu asal muasal hidup kita dan leluhur kita bahkan asal muasal alam semesta. Mungkin apabila mampu, ingatan sejarah tersebut kemudian ditarik kedepan untuk mengetahui masa depan. Dan panjang pendeknya melihat masa depan tergantung lebar jangka dalam melihat sejarah.

Penutup, di akhir kejayaannya tahun 1964-65, bapak proklamasi kita selalu mendengungkan JASMERAH (jangan lupakan sejarah) maka dari itu mungkin tulisan ini dapat menjadi motivasi rekan-rekan remaja supaya menjadi generasi yang tidak pelupa dan menjadi generasi yang selalu ELING lan WASPADA sehingga masa depan Bangsa Indonesia akan menjadi contoh bangsa-bangsa di dunia (mercusuar dunia). Demikian, Salam waras

Kategori:Serba-serbi
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: