Beranda > Wira Usaha > Legalitas Home Industri berdasarkan Peraturan Pemerintah

Legalitas Home Industri berdasarkan Peraturan Pemerintah

Bertambahnya jumlah keluarga tentu saja akan menambah jumlah kebutuhan dalam memenuhi keperluan anggota keluarga itu sendiri semakin meningkat. Kebutuhan keluarga ini akan terasa ringan terpenuhi jika ada usaha yang mendatangkan income atau penghasilan keluarga untuk menutupi kebutuhan tersebut. Home Industri yang pada umumnya berawal dari usaha keluarga yang turun menurun dan pada akhirnya meluas ini secara otomatis dapat bermanfaat menjadi mata pencaharian penduduk kampung di sekitarnya. Kegiatan ekonomi ini biasanya tidak begitu menyita waktu, sehingga memungkinkan pelaku usaha membagi waktunya untuk keluarga dan pekerjaan tetap yang diembannya.

Pemerintah sangat mendukung dengan adanya masyarakat yang berswadaya dengan landasan Home Industri, namun Sebelum Kita memulai Home Industri hendaknya kita harus mengetahui secara global Peraturan Perundang-Undangan tentang Home Industri yang akan kita jalankan.

Mengapa demikian?

Karena seperti contoh berikut ini : Seseorang yang akan melakukan usaha dengan Home Industri Cosmetic harus mempunyai sertifikat CARA PEMBUATAN KOSMETIKA YANG BAIK (CPKB) pada Pabrik/Tempat produksi tersebut, mengapa ? Karena berdasarkan perundang-undangan pembuatan Produksi Cosmetic ada beberapa Hal yang harus diperhatikan seperti Bahan Baku Aktif Farma (Hydokortison,Clindamycin,Vit E, Vit C Dll) dan Bahan Baku Cosmetik (AHA, Kojic Acid, Glicolic Acid) yang tidak diperkenankan untuk di jual bebas dengan Home Industri yang tidak mempunyai legalitas badan hukum (PT/CV) . Dan Bahan Baku Cosmetic Farma harus di Pimpin Oleh Seorang Manager Produksi yang berprofesi APOTEKER.

Pertanyaanya bagaimana dengan Home Industri sekarang yang masih ada ? Menurut saya mereka semua mengetahui bahwa mereka menyalahi prosedur tetapi karena usaha mereka sudah berjalan, sehingga mereka akan “kucing-kucingan” dengan aparat Kepolisian dan POM. Tetapi seiring dengan masyarakat Indonesia yang Cerdas sekarang ini maka Konsumenpun akan memilih yang TERDAFTAR dan BERIZIN LENGKAP.

Oleh sebab itu berkonsultasilah dahulu secara Lengkap dan detail dengan para Pengajar/Tutor anda yang memberikan masukan dan carilah Informasi sebanyak mungkin untuk Kelegalitasan Secara Sah Usaha Anda di dalam Menjalankannya.

sumber: http://ketrampilanhomeindustry.blogspot.com

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: