Beranda > Karya-karya dan produk kami, Wira Usaha > PENERAPAN PANDANGAN 1 METER MENGHASILKAN KREATIFITAS YANG DAPAT DIKOMERSIALKAN

PENERAPAN PANDANGAN 1 METER MENGHASILKAN KREATIFITAS YANG DAPAT DIKOMERSIALKAN

Oleh: Minto Miskandar

  1. Cara Membuat Pupuk Organik

1 kg dedaunan/rumput atau limbah sayuran, selanjutnya dirajang sampai halus. Lalu ditambahkan 2-3 liter air sumur atau sungai yang bersih. Lalu dituangkan 1 botol yakult dan diaduk merata, adonan ini disimpan pada wadah ember plastik dan ditutup. Wadah plastik disimpan ditempat gelap terhindar sinar matahari. Penyimpanan dilakukan 2-3 minggu. Setelah 3 minggu buka ember plastik maka dihasilkan cairan dan padatan. Lalu pisahkan antara cairan dan padatan. Cairan ini dinamakan pupuk organik cair, sedangkan yang bagian padat dinamakan pupuk organik padat, pupuk organik padat dapat dicampurkan tanah 1:3 (1pupuk dan 3 tanah). Sedangkan pupuk organik cair penggunaannya dicampur air 1:4 (1 pupuk organik cair dan 4 liter air) campuran ini disiram pada tanaman.

  1. Cara membuat keripik kentang renyah dan gurih

5 kg kentang dikupas, dicuci hingga bersih dan kentang dirajang tipis-tipis, setelah itu panaskan air di kuali hingga 70 C, setalah suhu mencapai 70 C maka masukan kentang yang telah dirajang tipis-tipis, perebusan kentang selama 5 menit, setelah 5 menit diangkat dan tiriskan. Tahap selanjutnya digoreng dengan minyak goreng. Dihasilkan kentang goreng renyah dan gurih. Selanjutnya dipacking, di evaluasi dan dikomersilkan.

  1. Cara membuat minuman teh tahan 1 tahun

Satu bungkus bubuk teh dituangkan pada wadah, lalu bubu the ini dituangkan alkohol 96% sebanyak 100 ml, diaduk pelan selama 2 menit. Setelah 2 menit maka bubuk the dipisahkan dari alkohol dengan cara disaring. Bubuk the dalam saringan salanjutnya detuangkan pada kuali dan diberi air 500 ml dan dipanaskan suhu 85 C selama 30 menit. Lalu pisahkan serbuk the dengan air the menggunakan saringan. Bubuk the dibuang sedangkan the disimpan pada botol (larutan 1). Selanjutnya ambil air aqua 1 liter dan selanjutnya diteteskan perlahan-lahan larutan 1 dan diaduk hingga merata sampai tercapai warna the yang diinginkan. Setelah tercapai warna the yang diinginkan maka pemberian larutan 1 dihentikan. Sehingga dihasilkan 1 liter air the, tinggal diberi larutan gula secukupnya. Minuman the ini dimasukan dalam botol-botol dan ditutup rapat, maka dapat tahan 1 tahun.

  1. Cara membuat jamu untuk ternak agar sehat dan tahan berbagai penyakit

ambil 4 daun pepaya yang tua, lalu dicacah-cacah. Setelah itu masukan kuali, ditambahkan merica halus 1 sendok the dan garam setengah sendok the, selanjutnya diberi 2 liter air dan direbus pada suhu 70 C selama 1 jam. Cara menjaga suhu tetap 70C adalah bila suhu rebusan sudah lebih 70 C maka ditambahkan air sedikit lakukan hal ini hingga 1 jam, selanjutnya pisah air rebusan dengan ampasnya. Air rebusan ini digunakan untuk memberi minuman ke ayam ternak, kambing, sapi, dll. Caranya air rebusan ini ditambahkan air minum dengan perbandingan 1:4 lalu diaduk dan diberikan pada ternak, maka ternak akan sehat dan gemuk.

  1. Membuat ayam goreng ala kentucky

Bahan-bahan:

Ayam 2 kg, lada 3 sendok makan, bawang putih 16 butir, kemiri 10 butir, kaldu ayam 4 bungkus, garam dapur secukupnya, terigu 1.5 kg, telur ayam 2 butir, minyak goreng 2 kg.

Cara kerja:

1)      Haluskan bumbu: meliputi merica 1 sendok makan, bawang, kemiri

2)      Potong ayam menjadi 20-24 potong, kemudian dengan bumbu yang telah dihaluskan dan ditambah 2 bks                                   royko ayam aduk sampai merata.

3)      Setelah diaduk diamkan 30 menit

4)      Ayak terigu kemudian tambahkan 2 bungkus royko+garam secukupnya dan merica yang telah dihaluskan                                  (2 sendok makan) lalu aduk hingga merata.

5)      Kocok telur hingga kembang, lalu tambahkan 5 sendok makan terigu (no.4)

6)      Campurkan ayam dengan kocokan telur diatas (no.5) saat ayam akan digoreng

7)      Ambil ayam yang telah dipotong lalu ditaruh pada campuran tepung no. 4 dan ayam di guling-gulingkan                                     satu persatu. Baru digoreng dengan minyak goreng yang sebelumnya telah dipanaskan terlebih dahulu.

  1. Cara membuatan sabun cair

Bahan-bahan:

SLS (sodium lauryl sulfat) 0,5 Kg, texafon  1Kg, NaCI 0,5 Kg, parfum 10 ml, pewarna 1 g, formalin 5 ml.

Cara kerja:

1)      Larutkan LSL pada air panas 1 liter hingga larut, demikian juga larutkan EDTA dengan air panas 1 liter, lalu                                keduanya dicampur.

2)      Larutkan NaCI dalam air panas diaduk hingga larut, lalu ditambahkan campuran (1)

3)      Setelah dingin lalu tambahkan pewarna diaduk dan ditambahkan parfum.

4)      Tahap terakhir ditambahkan formalin agar sabun awet dan tahan lama.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: